Ekonomi kreatif merupakan sektor yang semakin popular dan diminati oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dari semakin banyaknya pelaku yang terjun dalam bidang ekonomi kreatif dan semakin banyak mahasiswa yang meminati jurusan dengan spesifikasi ekonomi kreatif seperti desain, arsitektur, seni pertunjukkan dan sebagainya. Hal ini tidak terlepas dari penciptaan ekonomi kreatif yang identik dengan kreativitas dan inovasi yang dinamis dan selalu berkembang setiap saat sesuai dengan perkembangan jamannya.

Aktivitas ekonomi kreatif sangat berkaitan dengan suatu kegiatan/event yang pada umumnya dipertunjukkan untuk masyarakat umum seperti teater, konser musik, dan pameran. Perkembangan ekonomi kreatif tidak terlepas dari peran media massa baik media cetak maupun media elektronik dalam menyebarkan berita, isu dan informasi terkini seputar kegiatan/event yang berlangsung. Peran teknologi seperti internet dan smartphone juga turut mempercepat penyebaran berita sehingga masyarakat dapat mengakses informasi tersebut kapanpun dan dimanapun. Namun penyebaran dalam media elektronik terkadang tidak sepenuhnya memberikan informasi yang lengkap dan akurat, sehingga masih minimnya penyebaran data dan informasi yang mampu diakses bagi para stakeholder seperti pebisnis dan pelaku ekonomi kreatif.

Sebagai lembaga non-kementerian yang bertanggung jawab terhadap perkembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia, BEKRAF memegang peranan strategis dalam menyediakan data dan informasi yang tepat serta akurat. Kegiatan penyusunan buku Outlook Ekonomi Kreatif 2017 dilakukan untuk memenuhi salah satu mandat utama Badan Ekonomi Kreatif, yakni untuk menerbitkan data, informasi dan laporan mengenai Ekonomi Kreatif yang bisa dijadikan panduan bagi para pelaku usaha dan pemangku kepentingan di Indonesia.

Ketersediaan data, informasi, serta berita yang berkualitas, lengkap, dan terkini seputar enam belas subsektor Ekraf di Indonesia merupakan aset yang penting dalam pengembangan Ekraf karena kerap menjadi dasar maupun rujukan dalam pengambilan kebijakan, baik bagi pemerintah maupun para pelaku Ekonomi Kreatif di nusantara.

Oleh karena itu BEKRAF meluncurkan buku Outlook Ekonomi Kreatif 2017 dimaksudkan untuk menjadi pedoman primer bagi pemerintah dan para pelaku Ekonomi Kreatif dalam mengembangkan Ekraf di nusantara.

Tujuan yang ingin dicapai dengan peluncuran buku Outlook Ekonomi Kreatif 2017 (dijuduli Opus dan diwacanakan untuk terbit setiap tahunnya) agar dapat memberikan pencerahan dan perspektif terkini mengenai peluang dan potensi Ekraf Indonesia.

Anda bisa mengunduh file PDF dari buku tersebut di sini

*diambil dari artikel yang diterbitkan di situs BEKRAF

*file PDF tersebut juga bisa diunduh di sini